Mandi Malam Dapat Menyebabkan Rematik?

He..He.. Mau share aj ni.. Dulu masi ingat banget, waktu gw masi tinggal ma ortu di kampung halaman, setiap gw mandi lepas dari jam 6 sore...pasti dah ortu gw ngamuk2...katanya mandi malam-malam itu ga bagus..! bisa buat rematik... kok bisa? nah jawaban yang tepat dari ortu gw ga pernag gw dapatkan.. jadi gw cari dah di internet...ternyata itu salah besar...
"Mandi malam ga' menyebabkan rematik"
Pernyataan bahwa rematik timbul karena mandi malam itu adalah hanya mitos belaka...Hmmm..
Ni dia Faktanya :
Pernyataan bahwa rematik timbul karena mandi malam, cuaca dingin, dan AC memang sangat sering terdengar. Padahal, itu hanya mitos saja. Sebenarnya, tidak ada hubungan antara rematik dan sering mandi malam. Namun demikian, bila telah terkena rematik memang tidak dianjurkan mandi malam. Karena setiap kali tubuh terkena air dingin/suhu dingin, kapsul sendi akan mengkerut. Hal ini tentunya dapat menambah rasa nyeri pada sendi yang telah terserang rematik.

Beberapa faktor pemicu rematik sebenarnya adalah obesitas, pertambahan usia, dan pola makan yang tidak sehat. Dengan bertambahnya usia, lapisan pelindung sendi akan semakin menipis dan minyak pelumas sendi akan semakin mengental. Akibatnya sendi pun menjadi kaku dan nyeri saat digerakkan. Selain itu, berat badan yang berlebih cenderung merubah metabolisme tubuh dan memberikan beban yang berlebih pada sendi yang dapat menyebabkan rematik. Tidak hanya itu, pola makan yang tidak sehat juga berhubungan dengan rematik. Makanan yang mengandung lemak hewani di dalam jumlah tinggi akan diubah tubuh menjadi zat ”eicosanoid”, suatu zat yang dapat menyebabkan radang pada persendian.
sumber ni gw dapat dari sini
Moga bermanfaat dan jangan takut lagi buat mandi malam-malam..
6 Responses
  1. Surya Rangga Says:

    Terima kasih atas info nya,,,sungguh sangat bermanfaat,,semoga berguna buat semua..



  2. andika Says:

    Daripada mandi agak malam, sekalian aja mandi tengah malam di sungai pakai kembang setaman.hahaha.

    Btw, tetep aja saya masih pikir2 kalau mau mandi malam.


  3. BeLLy Blog's Says:

    Ha... mistis aja ni agan andika...


  4. ROe Says:

    wah.. thanks untuk infonya.
    saya sering mandi malam soalnya.

    salam.. kunjungan perdana.


  5. ROe Says:

    oyah bro... anak UII jogja kah.?

    saya juga alumni sana. teknik lingkungan 99.. tua banget gw.! hehehe


My Photo Capture